Desak Kemenaker, Buruh Pelabuhan Ancam Mogok Nasional Jika SKB Dicabut

Desak Kemenaker, Buruh Pelabuhan Ancam Mogok Nasional Jika SKB Dicabut

- in Ekonomi, Nasional
234
0

JAKARTA – Rapat Koordinasi Nasional Khusus (Rakornasus) Induk Koperasi (Inkop) Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Indonesia yang di hadiri seluruh Koperasi Primer TKBM dan Serikat Pekerja TKBM Seluruh Indonesia, di Jakarta pada Kamis 16-17 Desember 2021. Menghasilkan kesepakatan bersama yakni Petisi diantara isi petisi yaitu Tolak Rencana Pencabutan Surat Kesepakatan Bersama (SKB).

Hal itu disampaikan, Syukur Achmad selaku Sekretaris Umum SP TKBM Indonesia, menurutnya, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) mesti memperhatikan dan Menolak Rencana Pencabutan SKB yang melemahkan TKBM dan Koperasi TKBM.

“Bahwa TKBM maupun INKOP TKBM yang bernaung lebih 673 ribu Buruh, sudah sangat lama dan memiliki tanggungjawab yang teruji dalam menangani tanggungjawab bongkar muat, melayani barang/ komoditas milik para pelaku usaha selama ini,” sampainya (20/12/21).

Lebih lanjut, pihaknya mendesak Kemenaker turun tangan serius membantu dengan Tegas Menolak rencana pelemahan TKBM.

“Kami meminta Kemenaker UU untuk dapat melihat Koperasi TKBM dari berbagai pihak yang memiliki niatan keji patut di duga merupakan sindikasi mafia monopoli pelabuhan, jika agenda tersebut tetap dipakasakan maka TKBM (Buruh) Pelabuhan se Indonesia siap dengan Aksi Mogok Nasional,” pungkasnya.

Kontributor : Yogi

Facebook Comments